Pages

Core Value & Karakter Moral Ibu Profesional

Lebih dari setahun lalu saat bergabung menjadi mahasiswi Ibu Profesional di kelas matrikulasi, saya merasa memiliki values yang sama di Institut Kehidupan ini. Terdapat 5B core values yang selalu saya ingat betul dan menjadi catatan besar di buku kehidupan saya.

  1. semangat BELAJAR
  2. terus BERKEMBANG
  3. aktif BERKARYA
  4. selalu BERBAGI
  5. selalu BERDAMPAK

Seorang perempuan, baik itu sebagai individu, atau peran lainnya dalam keluarga, sebagai anak, sebagai istri, bahkan sebagai seorang ibu, harus memiliki semangat belajar yang tinggi. Karena sesungguhnya hidup ini penuh tantangan, dan kita dituntut untuk mencari jalan yang baik dengan terus belajar dari berbagai sumber. Tentu saja nilai utama ini seperti yang dibahas di awal matrikulasi harus disertai dengan adab belajar yang baik, agar ilmu tersebut berkah dan bermanfaat, kemudian membuat kita terus berkembang menjadi pribadi yang lebih baik setiap harinya. 

Banyak stigma bahwa ketika menikah, terlebih setelah menjadi ibu, perempuan seakan terkurung dalam tempurung. Padahal, ketika menikah seharusnya bisa meningkatkan potensi diri, tetap aktif berkarya, kemudian selalu berbagi dan selalu berdampak untuk sekitar.

Menjadi Ibu Pembelajar perlu memiliki alasan kuat (strong why). Ketika semangat sedang turun, maka kita memiliki alasan kuat untuk kembali berjalan menuju tujuan yang kita ingin capai. Inilah alasan saya akhirnya mengikuti perkuliahan Bunda Sayang di Institut Ibu Profesional. 

Apa yang ingin saya cari?

Seperti yang telah saya tuliskan tentang makna ibu pofesional disini, saya ingin menjadi guru dan sahabat bagi anak-anak saya, juga tentu saja menjadi partner yang baik bagi suami saya sebagai guru dan sahabat untuk anak-anak kami. Lebih jauh dalam membangun biduk rumah tangga, saya ingin bisa menjadi manajer keluarga yang handal.

Di peta pembelajaran yang telah saya buat sebelumnya, ada beberapa hal yang ingin saya tingkatkan, yaitu komunikasi produktif, cerdas finansial, mengamati gaya belajar anak, hingga membuat family project.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan buat curcol Anda tentang postingan ini :)

terima kasih atas komentarnya
riza