Pages

Komunikasi Produktif: Clear and Clarify day#2

PR kemaren tentang kelanjutan komunikasi produktif bersama pasangan masih belum dilaksanakan.Tantangan hari ke-2 yang saya temukan ternyata adalah komunikasi dengan saudara.
Kaidah "CLEAR and CLARIFY" ternyata tidak hanya berlaku untuk pasangan, tetapi juga berlaku umum.

Saat di RS dengan jelas saya meminta tolong adik saya untuk mengambil menu catering Nasi Tim Saring (NTS) di Unit Produksi Makanan (UPM) seperti biasanya. Yang berbeda adalah menunya, biasanya Ibu saya mengkonsumsi menu cair (blenderized) melalui NGT, namun kali ini dicoba naik tekstur untuk mengunyah langsung secara oral untuk latihannya.

Sesampainya di UPM, adik saya mengirim pesan untuk mengkonfirmasi jenis makanannya. Saya pun sampaikan, "NTS atas nama Ibu Sri".

Selang beberapa waktu, mbak Adiska menanyakan apakah sudah diambil NTS-nya. "Adik saya sudah ke UPM sedari tadi, mbak. Ini saya ada di dalam poli Endoskopi THT"

Setelah selesai di poli, ternyata adik saya menyerahkan makanan di plastik. Tak lama, mbak Adiska mengirim foto gambar NTS yang sudah disiapkan petugas dalam bentuk cup dan dituliskan nama lengkap Ibu. Tepok jidat deh!

Pelajaran berharga untuk lagi-lagi menerapkan prinsip CLEAR, CLARIFY, and CLARIFY. Yup, saya rasa kita perlu mengklarifikasi 2x lawan bicara kita untuk benar-benar memahami apa yang kita sampaikan.
✰✰ 2 bintang untuk hari ini semoga tidak menyurutkan semangat saya untuk terus belajar ^^

Namun, ada kaidah lain yang saya pelajari.
Saat itu saya beranggapan bahwa saya sudah memberikan informasi dengan jelas, namun ternyata hasilnya tidak sesuai. Maka, bukan salah si penerima pesan pastinya. Saya perhatikan kembali, nampaknya kondisi hati dan pikirannya sedang tidak berada satu dimensi dengan raganya. It was not a right time to ask her something. My fault!


 

Tabik,
Mar'atul Azizah (riza) - Mahasiswi kelas Bunda Sayang IIP Regional Bekasi

#harike2
#tantangan15hari
#gameZona1
#BundaSayang
#KomunikasiProduktif
#PantaiBentangPetualang
#institutIBUprofesional
#PetualangBahagia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan buat curcol Anda tentang postingan ini :)

terima kasih atas komentarnya
riza