Pages

Komunikasi Produktif day#8 : Katakan yang kita inginkan!

"Ibuk, Arra dihukum?"

Ya, beberapa hari Arrayyan saya hukum tidak keluar rumah setiap melanggar larangan saya.

"Arra, kenapa gak pamit? Ibu kan bingung cari Arra", ucap saya saat akhirnya menemukannya di gang sebelah.

"Arra, kenapa gak pake masker? Kan Arra tau sekarang masih banyak virus", 

"Arra kenapa minta jajan orang?"

"Arra kenapa rebut makanan orang?"

Saya selalu merasa menjadi orang tua gagal, saat anak saya menjadi anak kesayangan se-RT. Merasa apa yang saya himbau tidak diindahkan oleh lingkungan sekitar. Ingin rasanya saya berteriak, "WOY ANAK GUE KALAU KENAPA2 SITU GAK TAU PUSINGNYA KAN?!"

Mulai dari membiarkan anak saya terpapar layar dalam durasi yang sangat lama, memberinya susu UHT cokelat bahkan bisa 5 kotak ukuran 200ml, membiasakannya dikasih permen atau jajanan lainnya, dan sebagainya....

Sungguh, hati ini lelah. Kalau bukan karena keadaan yang tidak ideal, tidak rela rasanya saya menitipkan anak saya walau hanya 1-2 jam!

*****

Akhirnya saya pun tegas untuk menyampaikan keinginan saya kepada para tetangga sekalian di group RT. Karena lelah juga setiap ucapan saya hanya bisa ditanggapi, "namanya juga anak-anak, mbak"

Hal tersebut pun saya lakukan pada Arrayyan.

Prinsipnya adalah Katakan apa yang kita inginkan, bukan mengatakan apa yang TIDAK kita inginkan.

Larangan-larangan yang saya sampaikan sebelumnya kepada Arrayyan:
- Gak boleh main jauh-jauh ya!
- Kalau keluar rumah, jangan lupa pakai masker dan helm ya!
- Kalau mau keluar rumah, harus pamit. Kalau mau pindah ke rumah orang lain, pulang dulu untuk pamit lagi. Kalau sudah waktunya pulang, ya harus pulang!

Saya ubah struktur kalimatnya:
- Arra mainnya dekat-dekat rumah saja ya!
- Setiap mau keluar rumah, harus pakai masker dan helm!
- Siapapun yang ada di dalam rumah, harus pamit setiap mau keluar!
Adzan Dzuhur harus pulang (jika keluar rumah pagi hari), atau (sebelum) Adzan Maghrib harus pulang (jika keluar rumah sore hari), atau kalau mbah Eko (warung sebelah rumah) sudah tutup berarti waktunya pulang ya (jika keluar rumah malam hari, max setengah 9 malam)

Terus semangat untuk berkomunikasi yang lebih efektif dan produktif.

★★★ 3 bintang hari ini

Tabik,
Mar'atul Azizah (riza) - Mahasiswi kelas Bunda Sayang IIP Regional Bekasi

#harike8
#tantangan15hari
#gameZona1
#BundaSayang
#KomunikasiProduktif
#PantaiBentangPetualang
#institutIBUprofesional
#PetualangBahagia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan buat curcol Anda tentang postingan ini :)

terima kasih atas komentarnya
riza